//webmaster //analytics

Meminum teh setiap pagi diyakini merupakan sebuah aktifitas yang sehat. Sekalipun anda merupakan penderita diabetes, teh merupakan minuman yang bagus untuk anda. Karena teh sendiri dapat mengatur metabolisme kadar gula darah penderita diabetes dan meningkatkan sensitivitas insulin. Namun apakah memang semua teh bagus untuk penderita diabetes?

Seperti Apa Manfaat Teh Hijau?

Bagi penderita diabetes, tiap hari pasti penuh dengan rasa was was akibat tuntutan penyakit agar selalu menjaga kadar gula darah tetap normal. Namun hanya karena anda menderita diabetes bukan berarti anda sudah tidak boleh makan dan minum enak. Ada beberapa makanan dan minuman yang juga baik di konsumsi oleh penderita diabetes sekalipun, salah satunya adalah teh.

Selain enak, teh juga mengandung bahan bahan yang baik untuk penderita diabetes. Ada banyak sekali jenis teh, namun disini kita akan membahas tentang teh hijau. Menurut penelitian oleh Diabetes and Metabolism Journal pada tahun 2013, peminum teh hijau berkemungkinan terkena diabetes type 2  tiga puluh tiga persen lebih kecil dibanding orang yang kurang meminum teh hijau dalam seminggu.

Menurut seorang ahli jantung dan kepala kesehatan jantung wanita, Suzanne Steinbaum, mengatakan teh, terutama jenis teh hijau melalui reaksi biokimia.  dapat membantu sel menjadi lebih sensitif sehingga membuat tubuh lebih mampu mengatasi gula lebih baik. Teh hijau juga mengandung zat zat baik untuk diabetesi  karena membantu sistem metabolisme tubuh untuk berfungsi dengan lebih baik.

Seperti yang pernah kita dengan di tv tv, bahwa banyak teh hijau itu mengandung polifenol. Sebenarnya polifenol itu apa? polifenol itu merupakan zat antioksidan yang sebenarnya dapat di temukan pada setiap tanaman. polifenol sendiri dapat membantu stess oksidatif. yaitu sebuah kondisi di mana jumlah radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita, melebihi kapasitasnya untuk menetralkan. Dan ketika stress oksidatif kadarnya cukup tinggi, akan berakibat intensitas proses oksidasi sel tubuh yang normal berubah menjadi semakin tinggi dan menyebabkan kerusakan yang lebih banyak.

Sedangkan polifenol akan membantu melawan kerusakan tersebut. polifenol sendiri juga membantu pelebaran arteri atau vasodilatasi yang dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Dapat juga mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah yang ada dalam tubuh. Resiko komplikasi penyakit jantung yang di derita penderita diabetes juga dapat di tangani oleh kandungan polifenol pada teh hijau. Jadi selain dapat mengatur kadar gula darah yang ada dalam tubuh, polifenol juga dapat membantu mengendalikan diabetes.

Memilih Teh Yang Sehat Untuk Penderita Diabetes

Teh sebenarnya ada banyak sekali jenisnya ada teh hitam, teh herbal, teh oolong dan lainya. namun yang akan kita bahas kali ini adalah teh hijau. Kenapa teh hijau? karena di banding yang lain teh ini lebih banyak mengandung polifenol yang amat baik untuk tubuh manusia. Terutama bagi penderita diabetes.

Kenapa hanya teh hijau yang memiliki kadar polifenol lebih tinggi dibanding teh teh yang lain? Karena teh hijau terbuat dari daun teh yang tidak di fermentasikan. berbeda dengan teh teh lainya yang harus melalui proses fermentasi. Dari situlah kenapa teh hijau lebih spesial di banding yang lain. Dalam beberapa penelitian pun teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Jika ingin menambahkan gula pada teh hijau setidaknya menggunakan gula yang mengandung rendah kalori. Dan kandungan kromium untuk meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh penderita. Dapat juga bermanfaat unutuk membantu pendererita diabetesi dalam mengantrol gula darahnya.

Jenis teh nya sendiri ada beberapa yang dapat anda beli di luar sana. terdapat beberapa bentuk, ada yang teh tubruk, teh bubuk, atau teh celup. Disarankan untuk lebih memilih teh tubruk karena lebih alami dan anda tidak perlu kawatir dengan kandungan dialamnya. Namun sebagai penderita diabetes anda juga harus selalu berjaga jaga dengan seiap kandunganya.

Baca Juga :