Pengidap Penyakit Gula Darah Tinggi, Jauhilah Makanan Ini

Pengidap Penyakit Gula Darah Tinggi, Jauhilah Makanan Ini

Bagi penderita kadar gula darah tinggi, pentingnya menjaga makanan agar kadar gula agar selalu normal dan stabil itu sangat penting, pasalnya gula darah yang tidak stabil akan sangat memperparah kondisi mereka. Selain itu anda harus tau juga ada beberapa pantangan makanan diabetes.

Padahal tak cuma penderita kadar gula tinggi saja yang harus mengendalikan gula darah, Anda yang tak punya riwayat diabetes juga harus mengukur kadar gula darah dengan rutin untuk menghindari kemungkinan terkena diabetes.

Tidak Semua Makanan Dapat Menaikan Kadar Gula Anda Secara Signifikan

Sebenarnya pengidap penyakit kadar gula tinggi juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan manis asalkan kandungan gula yang ada dalamnya tidak terlalu tinggi yang mengakibatkan kadar gula darah naik dengan cepat. Para penderita lebih disarankan mengkonsumsi banyak sayur dan buah.

Namun jika anda orang yang sangat berhati-hati dengan kadar gula anda, berikut ini adalah makanan yang kurang direkomendasikan untuk anda :

  • Makanan Fastfood Dengan Banyak Karbohidrat

Makanan fastfood seperti kentang goreng merupakan lawan dari para pengidap kadar gula tinggi. Kandungan minyak goreng dengan karbohidrat tinggi merupakan kombinasi yang sangat berbahaya bagi penderita karena dapat meningkatkan kadar gula secara signifikan.

Satu buah kentang ukuran sedang sendiri terkadang mengandung kurang lebih 30 gram karbohodrat.

  • Nasi Putih

Siapa sangka nasi putih yang kita konsumsi sehari-hari, malah akan berbahaya untuk penderita kadar gula darah tinggi.

Kandungan karbohidrat sederhana sangat mudah diserap oleh tubuh dan diubah menjadi gula darah. Terlebih lagi, akumulasi karbohidrat sederhana dapat bersumber dari makanan lainnya.

Mengurangi dan mengganti nasi putih dengan nasi merah mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Kandungan indeks glikemik sebesar 50, yang masuk dalam kategori rendah menjadikan beras merah sangat baik sebagai pengganti beras putih biasa bagi penderita kadar gula darah tinggi.

Tidak hanya nasi putih, roti, dan pasta pun termasuk juga karena kandungan karbohidrat sederhana yang agak sama.

  • Kopi Dengan Campuran Krimer

Bagi penikmat kopi di cafe / kedai kopi dengan krimer atau tentu saja penikmat kopi sachet yang terdapat banyak gula dan campuran krimer atau pemanis lainnya sepertinya harus lebih hati-hati.

Karena kandungan gula di dalamnya terkadang sangat banyak dan akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Namun jangan berkecil hati, karena mengkonsumsi kopi hitam pahit akan lebih bagus karena lebih aman dan terbukti menurunkan resiko kadar gula tinggi!

  • Margarin

Kebanyakan margarin mengandung lemak trans. Lemak trans sendiri dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik dan faktor risiko kerusakan pembuluh darah contohnya seperti mengurangi kadar HDL. 

Untuk mencegah kerusakan pembuluh darah akibat diabetes, terutama juga penderita yang berisiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskuler diharapkan dapat mengurangi asupan lemak trans dalam mentega.

  • Minuman Kaleng

Minuman kaleng seperti cola dan minuman botol dengan pemanis lainnya harus selalu dihindari karena mengandung gula yang amat banyak.

alangkah baiknya sebelum membeli minuman kalengan para penderita teliti mengecek dahulu komposisi dan kandungan gula di dalamnya. Bahkan beberapa minuman yang menggunakan pemanis fruktosa dapat memicu resistensi insulin terutama pada penderita diabetes.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *