//webmaster //analytics

Bagi penderita diabetes, selain mengawasi porsi makan dengan yang lebih bergizi, olahraga juga menjadi bagian penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Olahraga untuk menurunkan gula darah sendiri dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun tidak semua olahraga direkomendasikan untuk penderita diabetes. Inilah beberapa olahraga yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Olahraga Untuk Menurunkan Gula Darah

Olahraga merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Olahraga juga dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes karena pada saat berolahraga energi ekstra yang di keluarkan akan membuat otot pada tubuh menyerap kelebihan glukosa yang mana akan menurunkan kadar gula darah tubuh. Olahraga juga membantu penderita diabetes menjaga berat badan tubuhnya agar terkontrol, karena penderita diabetes beresiko besar terkena obesitas (atau berat badan berebih).

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) olahraga yang dianjurkan untuk orang sehat usia 18-64 tahun adalah 150 menit per minggu. Dengan dasar tersebut, penderita diabetes dapat membagi menjadi 50 menit, 3 kali olahraga dalam satu minggu, atau 30 menit, 5 kali olahraga dalam satu minggu.

Apa Saja Olahraga Yang Bagus Untuk Meringankan Kadar Gula Darah?

1. Yoga

Olahraga yang digandrungi wanita kebanyakan ini merupakan salah satu olahraga yang dapat menurunkan kadar gula darah / menurunkan resiko diabetes. Meski kebanyakan di gandrungi wanita, sekarang ini yoga juga sudah mulai banyak di sukai oleh para pria. Yoga merupakan olahraga seni olah tubuh yang membangun kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan. Beberapa gerakan yoga dapat mengurangi stress, melawan resistensi insulin, dan membantu meringankan kadar gula darah yang tinggi menjadi normal kembali.

2. Jalan cepat

Jalan cepat merupakan olahraga yang sangat cocok untuk berbagai kalangan dan sangat mudah di lakukan. Olahraga ini juga bagus untuk penderita kadar gula darah tinggi. Jalan cepat dengan cepat akan meningkatkan denyut jantung yang akan memperlancar aliran darah.

3. Bersepeda

Selain menyenangkan, bersepeda juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Bersepeda sendiri termasuk dalam bentuk latihan aerobik yang dapat menguatkan jantung, dan fungsi paru paru. Olahraga untuk menurunkan gula darah ini  juga sangat ampuh dalam menjaga kalori untuk menjaga berat badan agar tidak terkena obesitas yang mana sangat bagus untuk penderita diabetes.

4. Latihan angkat beban ringan

Untuk olahraga jenis ini pasien diabetes harus mendapat izin dulu dari dokter karena sangat beresiko jika terjadi cedera pada bagian tubuh. Walaupun beresiko latihan angkat beban sangat baik untuk membentuk massa otot yang mana ketika masa otot meningkat tubuh akan lebih mudah mengendalikan kadar gula darah. Namun jangan terlalu berlebihan dan gunakan lah beban yang tidak terlalu berat.

5. Berenang

Berenang bisa menjadi alternatif olahraga untuk menurunkan gula darah bagi penderita diabetes yang memiliki komplikasi diabetes seperti syaraf neuropati yang mana menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada saat penderita berjalan. Karena termasuk latihan aerobik, selain bagus untuk membakar kalori, berenang juga dapat meredakan stress, menurunkan kadar kolestrol.

Penderita diabetes sendiri harus berhati hati terhadap potensi luka atau goresan karena sangat rentan terhadap infeksi. Maka dari itu pastikan menggunakan alas kaki atau sepatu air untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak di inginkan.

Selalu Konsultasi Dengan Dokter

Untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak di inginkan, sebaiknya pasien diabetes di anjurkan untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter. Dokter nantinya juga akan memilihkan olahraga yang sesuai dengan kondisi pasien diabetes, dan detail lainya seperti durasi olahraga, sesi latihan, jenis latihan yang dilakukan.

Sebelum pasien diabetes melakukan kegiatan fisik olahraga disarankan untuk melakukan beberapa hal dibawah :

  • Tubuh dalam kondisi yang baik.
  • Selalu ingat rekomendasi dokter dan sediakan obat (jika di beri oleh dokter).
  • Selalu cek kadar gula darah baik sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Pemanasan saat memulai olahraga dan pendinginan saat sudah selesai.
  • Selalu penuhi asupan cairan tubuh agar tidak dehidrasi (disarankan air putih).
  • Ajak keluarga untuk mendukung dan menemani anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *