//webmaster //analytics

Bagi sebagian besar orang Indonesia, belum komplit rasanya jika makan belum menggunakan nasi. Bahkan makanan makanan yang sudah mengenyangkan tanpa nasi pun masih juga di tambah dengan nasi, contohnya adalah mie. Walaupun nasi menjadi makanan wajib bagi kebanyakan orang, namun ada beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk memakan nasi, yaitu orang dengan penderita diabetes. Karena dalam nasi terdapat banyak kandungan gula dan kalori yang berbahaya bagi penderita kadar gula darah tinggi.

Sebagai gantinya beberapa orang dan penderita diabetes mengganti nasi putih dengan nasi merah atau gandum sebagai makanan utamanya. Namun bagi yang sudah terbiasa dengan nasi putih, ada beberapa cara untuk memasaknya. Terutama agar nasi putih yang dimasak nanti baik bagi tubuh dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Cocok untuk penderita diabetes.

Kalori Pada Nasi Putih

Apa yang membuat nasi putih di jauhi oleh orang orang pengidap diabetes dan obesitas? Nasi putih cenderung di jauhi karena kandungan kalori nya yang besar, yaitu 206 kalori per cangkir beras. Dan  juga karbohidrat sebesar 45 gram per cangkir beras. Kalori dari karbohidrat tersebut lah yang akan di olah oleh tubuh menjadi sebuah energi. Jika terdapat energi berlebih, kalori dan karbohidrat akan di simpan oleh tubuh menjadi gula. Itulah kenapa penderita diabetes harus lebih serius dalam mengkontrol kadar gula darah dan asupan makananya.

Untuk orang yang tidak terbiasa dengan nasi merah maupun gandum, ada sebuah penelitian yang di lakukan Dr. Pushparajah Thavarajah, yang menyatakan bahwa nasi putih dapat di kurangi jumlah pati yang tidak sehat di dalamnya jika nasi tersebut direbus dengan sebuah teknik khusus.
Pati dalam nasi sendiri ada dua jenis yaitu pati yang mudah di cerna dan pati yang tidak mudah di cerna. Sedangkan tubuh kita hanya bisa mencerna jenis yang pertama. sedangkan jenis yang kedua tubuh kita tidak dapat mencerna dan memecah pati itu menjadi gula yang dapat diserap tubuh. Jika kita dapat mengolah dan memasak nasi dengan pati yang tidak dapat di cerna tersebut, kita dapat mengatasi masalah gula darah yang di sebabkan jika kita mengkonsumsi nasi tersebut.

Memasak Nasi Yang Rendah Kalori

Nasi yang rendah kalori tersebut didapat dari lemak pencipta pati yang tidak dapat dicerna. Lemak tersebut dapat di dapat dengan mudah dari minyak kelapa murni. Untuk membuatnya sendiri terdapat beberapa cara yang cukup mudah :
  • Siapkan beras yang sudah di cuci seperti saat memasak
  • Tambah minyak kelapa murni dalam beras sekitar 3 persen dari total berat beras
  • Masak beras sekitar 40 menit sampai matang
  • Ketika sudah matang masukan nasi ke kulkas selama 12 jam
  • Nasi siap di hidangkan
Nasi yang dimasak dengan cara ini klaimnya akan lebih sehat 50% dibanding yang dimasak dengan cara pada umumnya. Dengan cara masak ini dapat mengurangi 10x kadar pati yang  diubah jadi glukosa tubuh dan menurunkan kadar kalori di dalamnya. Walaupun terlihat merepotkan, namun cari ini sangat bagus bagi penderita diabetes yang ingin makan nasi namun kawatir dengan kandungan gula dan kalori di dalamnya. Sebelum di makan pun nasi rendah kadar gula tersebut wajib di simpan 12 jam dulu dalam kulkas sebelum dapat di konsumsi.
Hanya karena nasi tersebut kandungan gula nya tidak sebanyak nasi putih biasa, namun penderita diabetes tidak boleh makan terlalu banyak. selalu imbangi dengan makanan yang kaya serat dan aman bagi penderita diabetes dan olahraga teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *