//webmaster //analytics

Bagi penderita kadar gula darah tinggi mungkin akan merasa tersiksa akibat harus selalu waspada terhadap setiap kandungan gula dalam makanan yang mereka makan. Selain harus selalu waspada pada makanan, penderita kadar gula darah tinggi juga diwajibkan mengubah pola hidup dengan rajin berolahraga. Memakan buah buahan juga termasuk solusinya. Terdapat beberapa buah penurun kadar gula darah tinggi. Buah juga dapat menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi secara perlahan.

Berikut ini adalah beberapa buah yang dapat menurunkan kadar gula anda :

  • Pir

Siapa yang menyangka buah manis nan segar ini mengandung flavonoid. Flavonoid ini sendiri fungsinya adalah untuk penurunan resiko diabetes tipe 2 dan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Pisang

Buah favorit semua orang ini ternyata mengandung indeks glisemik yang rendah, yang mana buah pisang dapat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita gula darah tinggi.

  • Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh dan lemah tak jenuh tunggal  yang terdapat pada buah alpukat, merupakan komponen penting untuk mengendalikan kadar gula darah. 

Selain itu alpukat juga dapat meningkatkan kinerja hormon insulin dan bisa menurunkan risiko sindrom metabolik, yang merupakan salah satu pemicu utama diabetes.

  • Semangka

Buah raksasa yang rasanya manis ini memiliki Indeks glikemik yang rendah, yang membuat mereka baik untuk pasien diabetes.  walaupun memiliki indeks glisemik rendah, namun diharapkan untuk tidak berlebihan mengkonsumsinya.

  • Delima

Buah merah ini baik untuk penderita diabetes karena membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Nangka

Buah manis ini merupakan buah yang mengandung vitamin A dan C dan baik untuk pasien diabetes kadar gula tinggi. Buah ini juga membantu meningkatkan resistensi insulin tubuh. 

  • Belimbing

Buah kaya air ini baik bagi penderita diabetes karena membantu meningkatkan kontrol kadar gula dalam darah.

  • Melon

Buah melon mengandung kalium yang mana dapat membantu mengurangi tekanan darah, membantu resistensi insulin dan dapat membantu memperbaiki sel pada pankreas yang mana membantu mengendalikan insulin.

  • Coklat (Kakao)

Buah kakao yang biji nya di gunakan untuk membuat coklat, ternyata juga termasuk buah penurun kadar gula darah tinggi yang meningkat di tubuh.

Namun kakao yang digunakan bukanlah kakao yang nantinya akan diolah menjadi cokelat manis. Kakao yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah adalah benih kakao yang mengandung antioksidan, flavanol, dan protein penting untuk tubuh. Rasanya juga lebih pahit dan tidak ada kandungan pemanis didalamnya, namun sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *